Protected by Copyscape Plagiarism Software
Saturday 9 November 2013

Hal Yang Harus Dilakukan Dalam Menghadapi Persaingan Dalam Bisnis

            Kompetisi Pada Bisnis Bukanlah Masalah Bagi Entrepreneur Sejati

        Kini, persaingan dalam bisnis bukanlah hal yang asing lagi di bidang entrepreneurship. Semakin menjamurnya entrepreneur-entrepreneur baru membuat kompetitor kembali bermunculan. Ada kalanya, faktor yang satu ini akan berpengaruh besar terhadap perkembangan bisnis kita. Dan mau tak mau, seorang pelaku bisnis akan menjadi kebingungan karena hal ini. Bedanya, ada yang menyikapi diri dengan pesimis dan ada juga yang menyikapi diri dengan optimis. Mereka yang menanggapi dengan optimis akan selalu merasa terpacu dengan adanya kompetisi seperti ini. Mereka akan selalu mencari solusi baru dan mereka inilah yang pantas disebut dengan entrepreneur sejati. Setidaknya, ada tiga hal yang dapat dilakukan oleh entrepreneur sejati untuk menghadapi persaingan dalam bisnis, yaitu dengan fokus pada goal yang telah ditetapkan, melakukan inovasi-inovasi baru, dan gigih atau persistent terhadap impian.


            Yang pertama, seorang entrepreneur sejati harus fokus pada goal yang telah ditetapkannya. Ketika kita sudah fokus terhadap tujuan yang ingin kita raih, seluruh pikiran kita hanya akan tertuju pada satu titik tertentu. Hasil yang berbeda akan terjadi  jika kita tidak fokus terhadap tujuan, seluruh pikiran kita akan memencar dan menuju titik yang berbeda-beda. Manakah yang lebih kuat, kekuatan yang berkumpul untuk menjadi satu atau kekuatan yang terbagi-bagi dengan tidak jelas? Ingatlah, bahwa fokus yang optimal akan menghasilkan hasil yang maksimal. Di kenyataannya, kita bisa mengambil contoh dari perusahaan Apple. Bisnis besutan Steve Jobs ini fokus dalam hal keunggulan teknologi dan ekslusifitas produknya agar bisa bersaing dengan para kompetitornya. Kita lihat hasilnya, akan selalu ada tempat tersendiri bagi produk mereka di hati para konsumennya. Terlepas dari bidang apapun yang kita geluti, dikala kita sudah fokus akan suatu keinginan tertentu, maka Tuhan akan selalu mengarahkan jalan-Nya bagi kita.

         Kedua, untuk menghadapi persaingan dalam bisnis, seorang entrepreneur harus terus melakukan inovasi-inovasi baru. Ya, semua orang pastinya akan bosan akan keadaan yang selalu monoton. Sebaliknya, orang-orang akan terpacu antusiasnya akan hal-hal yang baru. Nah, peluang seperti inilah yang harus dimanfaatkan oleh seorang entrepreneur dengan melakukan inovasi. Inovatif mungkin hal yang tidak harus dimiliki oleh semua orang, tetapi inovatif bagi seorang entrepreneur merupakan karakteristik yang wajib dimiliki. Lalu, bagaimana caranya untuk menyerap nilai inovatif ini ke dalam diri kita? Leonardo da Vinci telah memberikan tipsnya. Baginya, seni adalah kunci dari suatu inovasi. Mau berinovasi dengan luar biasa? Temukan seni yang cocok dan satukan dalam jiwamu! Dengan inovasi sebagai bahan bakar dalam menjalani bisnis yang ditekuni, maka seorang entrepreneur akan bisa melaju dengan cepat menuju garis impiannya.

            Ketiga, yang harus dilakukan seorang entrepreneur dalam berkompetisi adalah gigih atau persistent terhadap impiannya. Poin yang satu ini juga menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Suatu fokus yang optimal dan inovasi yang luar biasa hanya akan menjadi sesuatu yang percuma jika tidak diiringi dengan sikap pantang menyerah. Persistence dalam hal kompetisi bisa menjadi senjata yang sangat mematikan. Teringat akan suatu quote, “Aku tidak takut pada lawan yang jenius, tetapi aku takut pada lawan yang pantang menyerah”. Bukankah akan sangat mengerikan jika kita mempunyai lawan yang tak kenal putus asa dalam bisnisnya? Nah, bagaimana pun situasinya, usahakan diri kita inilah yang mempunyai sikap persistence ini. Ingatlah, satu kunci sukses yang sudah banyak diketahui orang, tetapi tidak banyak yang sanggup melakukannya itu ialah sikap persistent.

             Akhirnya, kini saya dapat menyimpulkan bahwa untuk menghadapi persaingan dalam bisnis, tiga hal yang harus  dilakukan seorang entrepreneur adalah fokus pada goal yang telah ditetapkan, melakukan inovasi-inovasi baru, dan gigih atau persistent terhadap impian. Kompetisi ataupun persaingan dalam bisnis mungkin memang kelihatan tampak menghabisi kita, tetapi sebenarnya kompetisi itu lah yang memacu diri kita untuk berbuat lebih baik. Bersyukurlah jika Anda memilih menjadi seorang entrepreneur, karena persaingan dalam bisnis akan melatih mental Anda untuk menjadi seorang pemenang. Ingatlah, bahwa persaingan dalam bisnis takkan selalu berakibat buruk bagi seorang entrepreneur sejati.


Competition is not only the basis of protection to the consumer, but is the incentive to progress. - Herbert Hoover
Title: Hal Yang Harus Dilakukan Dalam Menghadapi Persaingan Dalam Bisnis; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment

Dengan adanya komentar dari pembaca, saya bisa mengetahui reaksi seperti apa yang timbul dari tulisan-tulisan saya ..
So, Please Give Comments! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...